VISI PROGRAM STUDI PGPAUD FKIP UMTAS
Menjadi Program Studi yang Unggul Islami dan Terkemuka dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) di Bidang Pendidikan Anak Usia Dini pada Tahun 2035.
MISI PROGRAM STUDI PGPAUD FKIP UMTAS
Misi Program Studi PGPAUD FKIP UMTAS adalah sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menyiapkan tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini yang profesional yang berorientasi pada mutu (kualitas) berdasarkan nilai-nilai Islam;
- Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni pada Pendidikan Anak Usia Dini dengan merujuk pada nilai-nilai Islam;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan Mutu Pendidik dan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini serta memecahkan permasalahan-permasalahan dalam bidang sosial dan budaya.
- Menjalin kerjasama dan kemitraan secara sinergis dengan berbagai pihak guna mengembangkan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini pada tingkat regional.
TUJUAN PROGRAM STUDI PGPAUD FKIP UMTAS
Tujuan Program Studi PGPAUD FKIP UMTAS adalah sebagai berikut:
- Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menyiapkan tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini yang profesional yang berorientasi pada mutu (kualitas) berdasarkan nilai-nilai Islam;
- Terlaksananya penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni pada Pendidikan Anak Usia Dini dengan merujuk pada nilai-nilai Islam;
- Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan Mutu Pendidik dan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini serta memecahkan permasalahan-permasalahan dalam bidang sosial dan budaya.
- Terjalinnya kerjasama dan kemitraan secara sinergis dengan berbagai pihak guna mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini pada tingkat regional.
PROFIL LULUSAN PGPAUD FKIP UMTAS
Profil lulusan program studi PGPAUD FKIP UMTAS didasarkan kepada visi dan misi program studi dan rumusan profil lulusan Asosiasi Program Studi PGPAUD di lingkungan Perpendidikan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Profil lulusan PGPAUD FKIP UMTAS adalah sebagai berikut:
Calon Pendidik dan Pengelola PAUD, meliputi: Calon pendidik pada lembaga PAUD, baik pada satuan PAUD Formal (Taman Kanak-Kanak, Raudhatul Athfal), Non Formal (Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak/Day Care, Satuan PAUD Sejenis) maupunĀ informal yang memiliki kompetensi unggul dan islami; Calon pendidik pada lembaga pendidikan AUD inklusif, yang meliputi: (1) inklusivitas dalam bidang budaya ke-Islaman; dan (2) inklusivitas dalam bidang kecakapan fisik dan psikologis; dan Pengelola PAUD yang memiliki kompetensi yang mendukung dalam menyelenggarakan, mengelola, dan mengembangkan lembaga pendidikan anak usia dini.
Edupreneur PAUD, meliputi: Pengembang alat penunjang pembelajaran bagi anak usia dini (seperti Alat Permainan Edukatif (APE), Media Pembelajaran, Gerak Tari, Musik dan Teknologi Informasi); Pengembang instrumen deteksi tumbuh kembang anak usia dini, dan Penyedia jasa layanan peningkatan mutu Guru/pendidik anak usia dini serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan usaha di bidang anak usia dini
Caregiver Profesional yang Memiliki pengetahuan dan keterampilan secara profesional dalam pengasuhan dan perawatan Anak Usia Dini