- Modul Praktikum 1
- Modul Praktikum 2
- Modul Praktikum 3
- Modul Praktikum 4
- Modul Praktikum 5
- Modul Praktikum 6
- Modul Praktikum 7
- Modul Praktikum 8
- Modul Praktikum 9
- Modul Praktikum 10
- Modul Praktikum 11
SQUDO
Karya : Nur Salam Faridatunnisa
SQUDO atau Square Doll adalah suatu alat permainan edukatif yang berbentuk kubus yang bertemakan binatang. Dimana di setiap ruang kubus terdapat beberapa permainan dan media tambahan yang dapat membantu aspek perkembangan anak. Media ini diharapkan dapat menstimulasi kemampuan anak dalam berbagai aspek, sebagai berikut:
- Kognitif
- Mengenal bentuk
- Mengetahui warna
- Menghitung jumlah kepingan manik-manik
- Mengetahui tekstur
- Mengetahui suara
- Sosial
- Bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih
- Emosional
- Melatih kesabaran anak
- Bahasa
- Menyebutkan nama bentuk
- Menyebutkan jumlah manik-manik
- Menyebutkan hewan
- Menyebutkan makanan hewan
- Menyebutkan warna
- Berbicara ketika bercermin
- Motorik
- Menggerakkan squdo
- Menggeser manik-manik
- Menggenggam kayu
- Menggigit teether
- Menyimpan mainan setelah bermain
- Moral
- Anak dapat bermain bersama teman-temannya
- Anak dapat mengetahui ciptaan Allah
Alat dan Bahan
Pembuatan media ini memerlukan alat dan bahan sebagai berikut:
- Gunting
- Manik-manik
- Kain flanel
- Lem tembak
- Benang
- Jarum jahit
- Cermin kecil
- Benang kasur
- Pita Rainbow
- Lingkaran kayu
- Mainan berbunyi
- Teether
Cara Membuat
- Bentuk flannel menjadi persegi dengan jumlah 6 sisi
- Bentuk flannel berbentuk kepala monyet dari telinga, tangan dan kaki
- Tempelkan cermin, lalu tutupi pinggirnya dengan kain flannel
- Buat kain berbentuk balon 4 warna dan masing-masing 2 bagian dan tempelkan
- Masukkan manik-manik pada benang/tali kasur dengan jumlah yang rata dari 1-5, lalu lem dan ditutupi dengan pita rainbow
- Tempelkan lingkaran kayu di posisi atas yang ditempel bersama pita
- Tempelkan mainan suara bersama pita dan perekat
- Tempelkan teether dengan tali dan juga perekat
Cara Memainkan
- Ambil squdo lalu pilih sisi yang disukai
- Sisi atas, untuk anak genggam dan mudah anak bawa
- Sisi kanan, lepas perekat lalu tempelkan kembali sesuai warna dasar
- Sisi kiri, anak dapat bercermin dan bebas mengutarakan apa yang diingikan
- Sisi belakang, geser manik-manik sambil berhitung
Teether dan mainan suara yang digantung dapat digunakan, juga dapat dilepas ketika tidak digunakan.
JAM PINTAR (JAMPIT)
Karya : Astri Tirmidziani
Pengertian JAMPIT
JAMPIT merupakam salah satu APE (Alat Permainan Edukasi) yang di desain berdasarkan pada benda sehari-hari yang sering kita jumpai yaitu jam dinding. dinamakan JAMPIT karena bentuknya yang seperti jam dinding dan cara memainkannya dengan cara dijepit menggunakan penjepit yang sudah tersedia.
JAMPIT (Jam Jepit) merupakan APE yang diperuntukan kepada anak usia 5-6 tahun untuk menstimulasi beberapa aspek perkembangan anak, seperti :
- Melatih motorik halus anak
- mengenalkan konsep waktu kepada anak
- mengenalkan matematika yaitu konsep pengurangan dan penjumlahan dalam bentk yang sederhana
- memperkenalkan simbol angka 1 – 12
- menambah pemahaman korespondensi 1 ke 1 pada anak
Alat dan bahan yang digunakan:
- Karton Warna berbentuk lingkaran
- Gunting
- Penjepit photo
- Stik es
- Kertas
- Spidol
- Lem
- Plastik Laminating
Cara membuat jampit :
- Buatlah karton warna berbentuk lingkaran
- Kemudian tempelkan stik es kebagian tengah karton warna untuk jarum jamnya
- Buatlah pertanyaan-pertanyaan untuk dimainkan berupa kartu
- Kemudian anak menjawab pertanyaan menggunakan penjepit kertas
- Kemudian laminating gambar jam dan kartu supaya lebih tahan lama untuk dimainkan.
Cara Memainkan Jampit :
- Siapkan kartu penjumlahan dan pengurangan berupa gambar es krim (bebas)
- Siapkan juga penjepit photo untuk di jepitkan di jamnya
- Siapkan gambar jam yang sudah siap pakai seperti gambar dibawah
- Kemudian mainkan jampit tersebut dengan cara mengocok kartu dan membagikan satu persatu ke anak kemudian jumlahkan atau kurangi sesuai dengan yang ada di kartu, jika sudah menemukan jawaban jepitkan penjepit photo ke jam sesuai dengan jumlah dari kartu
COLOR SORTING GAME
Karya : Eva Rahmawati
Pengertian Color Sorting Game yaitu alat permainan edukatif yang dibuat untuk memudahkan anak memahami berbagai warna, dan melatih motorik kasar anak.
Alat dan bahan yang digunakan :
Triplek, Penggaris, Kampak, Gunting, Kertas, Double tip, Paku, kayu.
Cara membuat media :
- Memotong triplek berbentuk segiempat
- Membolongi triplek berjumlah 6
- Lalu membuat penyanggah agar dapat berdiri
- Lalu dipaku pada triplek
- Setelah itu mebuat tulisan warna disimpan dipinggir
- Lalu membuat huruf untuk disimpan di depan
- Membuat angka disimpan di bawah
Cara memainkan :
- Mengenalkan terlebih dahulu macam-macam warna yang ada pada bal, dan papan
- Mengenalkan angka yang ada di papan
- Mengenalkan huruf yang ada di papan
- Memberitahu cara memainkan ball
- Anak diberitahu misalnya warna biru harus dimasukan ke lubang berwarna biru