PROFIL LULUSAN PGPAUD FKIP UMTAS

Profil lulusan program studi PGPAUD FKIP UMTAS didasarkan kepada visi dan misi program studi dan rumusan profil lulusan Asosiasi Program Studi PGPAUD di lingkungan Perpendidikan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Profil lulusan PGPAUD FKIP UMTAS adalah sebagai berikut:

Profil Lulusan Program Studi PGPAUD FKIP UMTAS 

No.

Profil Lulusan

Deskripsi Profil

1. Calon Pendidik PAUD
  1. Calon pendidik pada lembaga PAUD, baik pada satuan PAUD Formal (Taman Kanak-Kanak, Raudhatul Athfal), Non Formal (Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak/Day Care, Satuan PAUD Sejenis) maupun  informal yang memiliki kompetensi unggul dan islami.
  2. Calon pendidik pada lembaga pendidikan AUD inklusif, yang meliputi: (1) inklusivitas dalam bidang budaya ke-Islaman; dan (2) inklusivitas dalam bidang kecakapan fisik dan psikologis.
2. Edupreuner PAUD
  1. Pengembang alat penunjang pembelajaran bagi anak usia dini (seperti Alat Permainan Edukatif (APE), Media Pembelajaran, Gerak Tari, Musik dan Teknologi Informasi).
  2. Pengembang instrumen deteksi tumbuh kembang anak usia dini.
  3. Penyedia jasa layanan peningkatan mutu Guru/pendidik anak usia dini serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan usaha di bidang anak usia dini.
3. Pengelola PAUD Pengelola PAUD yang memiliki kompetensi yang mendukung dalam menyelenggarakan, mengelola, dan mengembangkan lembaga pendidikan anak usia dini (Taman Kanak-Kanak, RA, Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak/Day Care, dan satuan PAUD sejenis).